tulisan

WELCOME TO MY BLOG RIA FEBRIYANTI RIA FEBRIYANTI RIA FEBRIYANTI RIA FEBRIYANTI RIA FEBRIYANTI

Kamis, 02 Februari 2017

Kuliner Solo


34 Tempat Wisata Kuliner Solo yang Wajib Disambangi

Travel Blog Reservasi – Kota Solo atau Surakarta merupakan salah satu kota yang paling favorit dikunjungi di Jawa Tengah. Tak heran jika wisata kuliner Solo juga menjadi salah satu yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.
Ada beragam kuliner Solo yang enak tapi tetap murah dan sangat ramah di kantong. Inilah alasan paling tepat untuk menghabiskan liburan tahun baru, liburan panjang hingga liburan lebaran di Kota Solo yang dikenal sebagai sentra penghasil batiknya.
 
Soto GadingSoto Gading yang berada di pusat kota, alun alun Selatan Keraton Solo ini menjadi langanan pejabat tinggi dan beberapa orang terkenal di Indonesia salah satunya Presiden Jokowi.
soto-gading
Soto gading adalah kuliner khas Solo yang memiliki kuah bening segar dengan isi suwiran ayam. Istimewanya ada beragam lauk tambahan sebagai pendamping makan Soto Gading
  • Telur Puyuh
  • Tempe Goreng
  • Jeroan Sapi
  • Perkedel Kentang
  • Sate Uritan
  • Bakwan

 

Timlo Sastro

Timlo tidak berbeda jauh dengan soto. Kuahnya menggunakan kuah bening tapi segar dengan isian lengkap seperti sosis Solo, telur pindang juga jeroan ayam yang sudah diiris-iris.
timlo-sastro
Salah satu Timlo yang paling terkenal dan populer adalah Warung Timlo Sastro yang berlokasi di Pasar Gede Kota Solo. Seperti Soto Gading, Warung Timlo Sastro juga sudah buka sejak pagi hari antara pukul 6 hingga 7 pagi.

Serabi Notosuman

Serabi Notosuman sangat berbeda karena masih dipanggang secara tradisional menggunakan tungku. Mungkin itulah yang membedakan cita rasa khas Serabi Notosuman dengan Serabi lainnya.
srabi-notosuman
Ada dua rasa yaitu rasa original dan rasa cokelat. Warung Serabi Notosuman merupakan salah satu wisata kuliner legendaris di Kota Solo karena sudah buka sejak tahun 1923 dan masih bertahan hingga saat ini.

Gudeg Ceker Bu Kasno

Berbeda dengan Gudeg Jogya yang khas dengan nangka dan telurnya, Gudeg bu Kasno justru menghadirkan inovasi dengan menggunakan ceker ayam. Gudeg bu Kasno hanya buka pada malam hari di Jalan Monginsidi dekat SMA 1 Solo.
gudeg-ceker-bu-kasno
Harganya relatif terjangkau dengan lauk lengkap seperti opor ayam, telur dan tentu saja tidak ketinggalan ceker ayam lembut yang menggoda selere.

Selat Solo Mbak Lies

Belum lengkap rasanya jika bertandang ke Solo tanpa menikmati Selat Solo terlebih dahulu. Kuliner khas ini merupakan kuliner sehat karena isinya sayuran segar seperti wortel, daun selada, buncis, acar bawang dan timun, potongan daging sapi, kentang goreng dan tak lupa telur rebus.
selat-solo-mbak-lies
Salah satu Selat Solo paling legendaris adalah Selat Solo Mbak Lies yang berada di Gang II Serengan. Meskipun cukup sulit menemukannya, kamu tak akan dibuat kecewa setelah mencicipi kuliner racikan Mbak Lies ini.

Tahu Kupat Sholihin

Kupat Tahu Sholihin sangat berbeda dengan Kupat Tahu Magelang atau Kupat Tahu Singaparna di Bandung.
tahu-kupat-sholihin
Selain kupat tahu kamu akan disajikan isian tauge, tahu goreng, mie basah, bakwan goreng, kacang goreng dan tak lupa siraman bumbu kuah yang menyegarkan. Lokasinya berada di sekitar Jalan Gajah Mada, Solo.

Sate Kambing Mbok Galak

Buat yang takut kolesterol memang harus waspada dengan kuliner enak ini. Sate Kambing Mbok Galak tak jauh berbeda dengan sate pak Bari di Jogja. Hanya saja sate Kambing Mbok Galak disiram dengan kuah bumbu kacang yang istimewa.
sate-kambing-mbok-galak
Selain Sate Kambing, kamu juga bisa mencicipi Gule khas Mbok Galak yang tak kalah enaknya.

Sate Buntel Mbok Galak

Kuliner di warung Mbok Galak bukan hanya sate kambingnya saja yang terkenal enak. Salah satu kuliner Solo di Warung Sate Mbok Galak adalah sate buntel yang tak kalah nikmat.
sate-buntel-mbok-galak
Warung Mbok Galak lokasinya berada di Jalan Ki Mangun Sarkoro no 122 Kota Solo. Meskipun harganya sedikit lebih mahal di warung lainnya, tapi rasanya enggak bohong dan sepadan dengan harganya.

Sate Buntel Tambak Segaran

Sate Buntel Khas Solo lain yang bisa kamu cicipi adalah Sate Buntel Tambak Segeran. Lokasinya kebetulan berada di Jalan Tambak Segeran 39 Surakarta.
sate-buntel-tambak-segaran
Cara penyajian Sate Buntel memang berbeda dengan sate umumnya. Daging sate merupakan daging kambing yang sudah dicacah dan dicincang tipis-tipis kemudian dicampur rempah-rempah dan dibungkus dengan irisan lemak kambing.
Salah satu rahasia kelezatannya terletak pada selimut irisan lemak kambing yang menjadikan Sate Buntel enak lagi nikmat.

Bale Padi Resto

Jika ingin suasana pedesaan khas warung Sunda, kamu bisa menikmati kuliner khas Solo di Bale Padi Resto. Hamparang pematang sawah menjadi salah satu sajian yang tidak bisa kamu dapatkan di tempat lain selain di Bale Padi Resto.
bale-padi-resto-solo
Alamat Bale Padi Resto berada di Jalan Kadilangu, Baki Pandeyen, Solo.
Kuliner yang disajikan khas kuliner rumahan yang membuat kamu kangen dengan kampung halaman dan masakan racikan ibu. Kuliner yang disajikan diantara lain;
  • Tumis Tahu
  • Empal
  • Oseng Pare
  • Gulai Kakap
  • Seafood
  • Kelapa Bakar Rempah
  • Minuman Rempah

Torpedo Yu Rebi

Torpedo bukan merujuk pada peluru kendali, ini kuliner khas yang ada di Indonesia yang konon bisa meningkatkan vitaltas pria dewasa.
sate-kere-yu-rebi
Salah satu Warung Kuliner yang menyediakan kuliner langka ini adadal Warung Sate Yu Rebi. Alamatnya berada di belakang Stadion Sriwedari kota Surakarta. Jika kamu memang cukup dewasa, jangan lupa untuk mencicipinya setidaknya seumur hidup sekali saja.

Roemahkoe Resto

Solo merupakan salah satu daerah yang memiliki keistimewaan seperti halnya Yogyakarta. Namun, pusat kuliner Jawa Tengah bisa kamu dapatkan di Solo. Begitu juga kuliner Jogya yang bisa kamu nikmati di Solo.
Salah satu resto yang menjajakan kuliner Jawa Tengah adalah Roemahku Resto. Kuliner tradisional naik kelas di Resto ini.
nasi-jemblung
Salah satu kuliner populer di Roemahku Resto adalah Nasi Jemblung yang disajikan dengan beralasakan daun pisang. Lauknya adalah lidah sapi yang disemur. Penasaran ingin mencobanya?
Alamtnya berada di Jalan Radjiman 501. Salah satu minuman favorit di resto ini juga pantas kamu coba adalah Cemol. Cemol adalah minuman rempah dari air jahe, serai, gula, kacang tanah sangrai, kelapa muda dan ditambah dengan irisan roti tips-tipis.

Galabo Solo

Salah satu pasar malam di Solo yang terkenal di kalangan anak muda adalah pasar malam Galabo Solo. Galabo adalah akronim dari Gladag Langen Bogan. Alamatnya di Jalan Mayor Sunaryo.
galabo-solo
Apa saja sih kuliner khas Solo yang bisa kamu nikmati di sini? Diantaranya yaitu;
  • Tengkleng
  • Sate Kere
  • Mi Thoprak
  • Wedang Ronde
  • Susu Segar Shi Jack
Galabo Solo merupakan salah satu one stop culinary di Solo yang baru buka pada malam hari.

Baso Alex

Jika kamu sedang berada di sekitar Jalan Gajah Mada Solo, jangan lupa cicipi juga Baso Alex. Bukan hanya orang Jakarta dan Bandung saja yang suka kuliner baso ini.

Tengkleng Bu Edi Klewer

Hampir mirip dengan gulai kambing, Tengkleng Solo merupakan salah satu kuliner khas Solo yang harus kamu cicipi. Salah satu tempat yang terkenal dengan Tengkleng enaknya adalah Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer.
tengkleng-bu-edi
Cita rasa Tengkleng Solo segar, asam dan cukup gurih. Penyajiannya biasanya dengan pincuk daun pisang. Perlu kamu ketahui Tengkleng Bu Edi biasnya cepat laris. Waktu yang tepat untuk menikmatinya adalah pada saat jam makan siang tiba.

Warung Pecel Solo

Salah satu kuliner yang naik kelas adalah Pecel Solo. Meskipun dulunya merupakan kuliner murah meriah, kini Pecel Solo sudah merupakan kuliner warisan yang memikat wisatawan dari luar daerah.
Inilah lokasi yang paling tepat dengan suasana khas autentik kota Solo dengan ornamen dan hiasan khas Surakarta. Alamat Warung Pecel Solo berada di Jalan Dr. Soepomo no 55 Mangkubumen, Surakarta.
warung-pecel-solo
Kuliner paling favorit di Warung Pecel Solo adalah pecel ndeso-nya. Istimewanya ada campuran bahan-bahan langka seperi kenikir dan jantung pisang yang bisa kamu temukan dalam kuliner khas Solo ini.
Kamu juga bisa menikmati aneka minuman racikan tradisonal Jawa seperti Jahe Pandan, Temu Lawak, Kunir Asem hingga Beras Kencur yang berkhasiat untuk mengusir batuk.

Sambal Tumpang Pecel Bu Kis

Sambal Tumpang memiliki rasa yang manis, gurih dan tetu saja pedas. Salah satu sajian paling terkenal di Warung Pecel Bu Kis adalah sambal tumpangnya yang istimewa.
pecel-bu-kis
Alamat Warung Pecel Bu Kis berada di belakang Pengadilan Surakarta. Salah satu kuliner yang cocok untuk menikmati sambal Tumpang Bu Kis adalah nasi rames dengan lauk bayam, tauge, tahu, krecek dan tempe bosok.

Cambuk Rambak Solo

Menu sarapan favorit warga Solo yang harus kamu coba adalah Cambuk Rambak Solo. Kuliner ini dijajakan dengan wadah pincuk daun pisang. Isinya ada potongan ketupat, wijen dan karak.
cambuk-rambak
Karak adalah kerupuk khas dari Solo yang terbuat dari beras yang dimasak. Perbedaannya terletak pada air rebusan yang dibumbui dengan garam bleng. Garam bleng adalah pengawet alami yang digunakan untuk membuat kerupuk agar teksturnya terasa lebi kenyal dan lebih mudah dibentuk menjadi sebuah kerupuk.

Tahok Pak Citro Pasar Gede

Salah satu kuliner peranakan yang masih bisa kamu nikmati ini memang berasal dari negeri Tiongkok. Tahok adalah kacang kedelai yang lumat. Tahok berasal dari kata tao dan hoa atau teu dan hu. Tau atau teu artinya kacang kedelai sedangkan hoa atau hu artinya lumat.
tahok-pak-citro-solo
Tahok dinikmati dengan siraman kuah gula Jawa dan rempah dengan khasiat membuat tubuh terasa hangat. Cocok dinikmati saat musim hujan dan pada malam hari.
Salah satu Tahok yang populer di Solo adalah Tahok Pak Citro di Pasar Gede. Tahok Pak Citro hanya buka dari pagi hingga sore hari saja.

Es Gempol Pleret Pak Suhar

Es Gempol Pleret adalah kuliner yang terbuat dari tepung beras dan campuran adonan tepung beras yang diberi gula Jawa. Terkadang ada juga pedagang yang hanya menjual Es Pleret saja. Namun sejatinya Es Gempol Pleret merupakan kesatuan.
es-gempol-pleret
Es Gempol Pleret disajikan dengan siraman kuah santan cair dan diberikan es batu agar lebih menyegarkan. Kuliner Es Gempol Pleret termasuk warisan kuliner yang cukup langka. Salah satu warung yang masih menjajakan kuliner ini berada di Jalan Dr. Wahidin, Lawean, Solo.

Es Krim Tentrem

Kuliner jadul yang masih bertahan di Solo salah satunya adalah Es Krim Tentrem yang berada di Jalan Urip Sumoharjo. Toko Es Krim Tentrem ini sudah dikelola keluarga dari generasi ke generasi sejak tahun 1952.
es-krim-tentrem-solo
Es Krim Tentrem ini merupakan produksi rumahan alias home made sehingga cita rasa dan kualitasnya lebih terjaga. Namun kamu harus memilih menu es krim di sini karena beberapa ada yang menggunakan rum.

Es Dawet Bu Dermi Pasar Gede

Pasar Gede memang memiliki ragam kuliner yang enak dan murah. Satu lagi kuliner yang perlu kamu coba yaitu Es Dawet Bu Dermi.
es-dawet-bu-dermi
Campuran Es Dawet biasanya berupa bubur ketan hitam, bubur sumsum, dicampur juga dengan tape ketan, cendol dan yang membedakannya adalah biji telasih. Sangat cocok dinikmati pada siang hari yang terik.

Tahu Kupat Pak Brewok

Jika ingin mencari kuliner yang tak mengenangkan namun enak, kamu bisa mampir di Jalan RM Said untuk mencicipi Tahu Kupat Pak Brewok.
Tahu kupat disajikan dengan isian potongan ketupat, mie kuning, tahu, kol dan taburan tauge yang berkhasiat untuk kesuburan. Kemudian disiram dengan kuah air bawang dan kuah kecap.
tahu-kupat
Kuliner ini sangat nikmat, kamu pasti tak tahan untuk mencicipinya apalagi dengan taburan bawang goreng dan irisan cabai rawit yang akan membuat keringat kamu bercucuran setelah menikmatinya.

Nasi Liwet Wongso Lemu

Nasi Liwet Wongso Lemu termasuk masih bertahan dengan perubahan zaman sejak didirikan pada tahun 1950. Warung Nasi Liwet Wongso Lemu beralamat di Jalan Teuku Umar.
Nasi Liwet Wongso Lemu adalah sajian nasi gurih yang diberikan topping suwiran ayam, telur rebus, labu siam, dan areh.
nasi-liwet-wongso-lemu
Nah, apa sih areh?
Areh adalah kuah kental dari santan kelapa dicampur dengan ampas minyak kelapa atau dalam bahasa Jawa disebut dengan blondho.

Sate Kere Yu Rebi

Asal Usul nama Sate Kere karena isiannya bukan sepenuhnya menggunakan daging seperti sate ayam, sate kambing atau sate maranggi yang menggunakan daging sapi pilihan.
Sate Kere adalah sate yang menggunakan isian jeroan sapi. Sate Kere Yu Rabi beralamat di belakang Stadion Sriwedari Kota Solo, Jawa Tengah.
sate-kere-yu-rebi-1
Coba juga tempe gembus. Gembus adalah ampas tahu yang biasanya digunakan untuk pakan ternak seperti kambing dan sapi.

Wedangan Pendhopo

Resto Wedangan Pendhopo beralamat di Jalan Srigading I no 7 Turisari. Resto ini merupakan salah satu resto yang kerap dikunjung wisatawan asing juga.
wedangan-pendopo
Salah satu daya tariknya karena memiliki interior yang autentik dan mempertahankan ciri khas tradisional Kota Solo. Tentu saja malam kamu akan lebih joss dengan sajian kuliner khas Solo ditemani dengan secangkir minuman tradisional seperti Jahe Hangat.

Pasar Malam Ngarsopuro

Tempang Nongkrong di Solo salah satunya adalah Pasar Malam Ngarsopuro. Lokasinya berada di Jalan Diponegoro yang selalu digelar pada malam Minggu.
pasar-malam-ngarsopurp
Di Pasar Malam inilah kamu bisa mendapatkan kuliner khas Solo seperti;
  • Nasi Liwet
  • Cabuk Rambak
  • Sosis Solo
  • Bakso Bakar
  • Sate Kere
  • Wedang Ronde
  • dll

Sup Matahari Solo

Sup Matahari Solo memang masih terdengar asing di telinga. Dinamakan Sup Matahari karena bentuk penyajiannya seperti Matahari yang bersinar hangat.
Sup Matahari Solo juga dikenal dengan sebutan Galantin. Galantin adalah kuliner khas Solo yang terbuat dari campuran daging ayam atau sapi dengan roti.
sup-matahari-solo
Biasanya isinya dimodifikasi dengan dicampur jamur, wortel dan dibungkus dengan telur dadar. Karena kuah panas yang disiramkan di atas Galantin yang membungkus isiannya, kemudian ia akan mekar seperti Matahari.
Itulah asal usul mengapa kuliner khas Solo ini disebut juga dengan Sup Matahari Solo.

Mi Gajah Mas

Jika ingin mencari kuliner peranakan di Solo salah satu yang bisa kamu kunjungi adalah Mi Gajah Mas yang beralamat di Jalan Suryopranoto tepatnya di dekat Pasar Gede.
mi-gajah-mas-solo
Istimewanya kamu bisa memesan warna mi sesuai dengan warna favorit kamu seperti merah, oranye, ungu, dan hijau. Tenang, semua bahan pewarna menggunakan pewarna alami dari ketela, wortel dan sayuran lainnya.

Ayam Tulang Dewa Cemara

Lupakan junk food saat berada di Solo Square. Salah satu kuliner khas Solo yang bisa kamu cicipi adalah Ayam Tulang Dewa Cemara.
Ayamnya disajikan dengan sambal super pedas dan sambal bawang yang lumayan pedas. Paket lengkap Ayam Tulang Dewa Cemara ini bisa kamu nikmati dengan nasi putih dan teh manis secara free.

Roti Orion

Salah satu tempat oleh-oleh Solo yang bisa kamu datangi adalah Toko Roti Orion di jalan Upir Sumoharjo Solo, mulai dari pagi hingga malam hari.
roti-orion-solo
Salah satu roti adalannya adalah Roti Mandarijn yang memiliki varian rasa seperti original, kisnis dan spesial. Rasanya enak dan manis. Cocok buat kamu yang manis.

Susu Shi Jack

Jika kamu ingin mencari tempat nongkrong di Solo salah satu yang patut kamu sambangi adalah tempat wisata kuliner Susu Shi Jack.
susu-shi-jack
Cabang Susu Shi Jack mungkin paling banyak diantara tempat wisata kuliner lain yang dibahas di artikel ini. Beberapa yang dekat dengan lokasi wisata seperti di Depan Benteng Vastenberg, Depan Lapangan Kota Barat dan Alun Alun Sukoharjo.

Soto Seger Mbok Giyem

Salah satu kuliner Solo enak tapi murah masih tercermin dari Soto Seger Mbok Giyem ini. Alamat Warung Soto Mbok Giyem berada di Jalan Bhayangkara, Tipe, Surakarta, Jawa Tengah.
soto-seger-mbok-giyem
Satu mangkuk Soto Seger Mbok Giyem hanya berkisar antara 7 ribu hingga 10 ribu saja. Jajanan pasar lain juga sangat lengkap di Warung Soto Mbok Giyem.

Selat Viens Solo

selat-viens-solo
Jika kamu sedang berwisata di sekitar Jalan Hasanudding, ada warung Selat Solo Viens yang bisa kamu sambangi. Menu Selat Solo di Warung Viens pun bisa kamu pilih antara Selat Daging Iga atau Selat Daging Cacah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar